Tips Mengecas Motor Listrik dengan Benar

Kini penggunaan motor listrik semakin populer dan mudah dijumpai di jalanan. Dengan keuntungan yang ditawarkan seperti lebih canggih, hemat biaya operasional, ramah lingkungan, didukung oleh program pemerintah, semakin banyak orang yang beralih menggunakan motor listrik sebagai alat transportasi. Bagi yang yang telah memiliki motor listrik, agar motor listrik tetap berfungsi optimal, penting untuk mengetahui cara yang benar dalam mengecasnya (charge). Artikel ini akan membahas cara mengecas motor listrik yang benar untuk memastikan kinerja motor listrik tetap optimal dan daya tahan baterai tetap tinggi.

 

1. Pengenalan Motor Listrik dan Baterai 

Motor listrik (e-motor) adalah kendaraan bertenaga baterai yang menggunakan listrik untuk membantu pengendara saat berkendara. Dibandingkan dengan motor konvensional atau bensin, motor listrik memiliki keuntungan tambahan berupa daya dorong dari motor listrik yang terpasang pada body motor. Namun, untuk menjaga motor listrik tetap berfungsi dengan baik, penting untuk mengecas baterainya dengan benar. 

Baterai adalah komponen penting dalam motor listrik. Baterai menyimpan energi listrik yang digunakan untuk menggerakkan motor dan memberikan daya dorong pada motor. Baterai pada motor listrik biasanya terletak di bagian bawah jok motor, beberapa tipe produsen memposisikan baterai di bawah lower deck. Baterai pada motor listrik juga ada yang portable (mudah dilepas dan pasang) dan built-in (tertanam pada rangka/ body)

Baterai perlu diisi ulang secara berkala untuk menjaga daya tahan dan kinerja motor listrik. Ketika melakukan pengecasan dan memindah baterai, upayakan jangan ada benturan fisik yang keras. Upayakan merawat baterai dengan selalu mengkondisikan di tempat dengan suhu ruang, jangan di suhu terlalu panas. Hindar over-charging (mengecas berlebihan/ terlalu lama) karena bisa merusak baterai.

 

Cara mengecas motor listrik yang benar

 

2. Persiapan sebelum Mengecas Motor Listrik dengan Benar

Sebelum mulai mengecas motor listrik, ada beberapa langkah persiapan yang perlu dilakukan:

  • Pastikan motor listrik berada dalam kondisi yang baik dan bersih, jangan ada air/ basah.
  • Matikan daya motor listrik dan pastikan baterai tidak sedang dalam keadaan panas.
  • Lepaskan baterai dari motor listrik jika mungkin. Ini memudahkan proses pengisian dan mengurangi risiko kerusakan pada motor.¬†

3. Proses Mengecas Baterai

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecas motor listrik yang benar:

Langkah 1: Gunakan Charger yang Tepat

Pastikan kamu menggunakan charger yang sesuai dengan tipe dan model motor listrik kamu. Ikuti saran penggunaan baterai dari produsen. Baterai motor listrik membutuhkan charger khusus yang dirancang untuk bekerja dengan voltase dan arus yang tepat.

Langkah 2: Sambungkan Charger ke Listrik

Sambungkan charger ke sumber listrik yang stabil dan terlindungi. Pastikan colokan dan kabel charger tidak rusak atau longgar.

Langkah 3: Sambungkan Charger ke Baterai

Sambungkan ujung kabel charger yang sesuai dengan konektor baterai pada motor listrik kamu. Pastikan sambungan ini kokoh dan aman.

Langkah 4: Pantau Proses Pengisian

Setelah charger terhubung dengan baterai, pantau proses pengisian. Biasanya, terdapat indikator pada charger yang menunjukkan status pengisian. Biarkan baterai terisi sepenuhnya sesuai petunjuk produsen.

Langkah 5: Putuskan Koneksi

Setelah baterai sepenuhnya terisi, putuskan koneksi antara charger dan baterai dengan hati-hati. Pastikan untuk tidak menarik atau merusak kabel atau konektor saat melepaskannya.

 

4. Menjaga Umur Baterai motor listrik

Untuk mempertahankan umur baterai motor listrik yang optimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

  • Hindari pengisian berlebihan. Setelah baterai terisi penuh, lepaskan charger untuk menghindari pengisian berlebihan yang dapat merusak baterai.
  • Hindari penggunaan pada suhu ekstrem. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mempengaruhi daya tahan baterai. Jaga motor listrik pada suhu yang stabil.
  • Hindari mengecas baterai hingga habis. Menguras baterai sepenuhnya dapat mengurangi umur baterai. Sebaiknya isi ulang baterai ketika kapasitasnya mencapai sekitar 20-30%.

baterai motor listrik

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah yang benar dalam mengecas motor listrik, kamu dapat memastikan bahwa baterai tetap dalam kondisi optimal dan motor listrik berfungsi dengan baik. Penting untuk menggunakan charger yang sesuai, memantau proses pengisian, dan menjaga baterai agar tetap dalam kondisi yang baik. Dengan perawatan yang tepat, motor listrik kamu akan tetap kamul dan siap digunakan setiap saat.

United E-Motor merupakan produk motor listrik dari 100% perusahaan Indonesia yang mengutamakan kualitas produk terbaik, bergaransi, inovatif dan didukung oleh manufaktur dengan teknologi terkini. Temukan berbagi pilihan motor listrik disini.