Prinsip/ Cara Kerja Motor Listrik, Biar Lebih Paham

cara kerja motor listrik

Kendaraan listrik, termasuk sepeda motor listrik (electric motorcycle) semakin menjadi pilihan populer di era modern ini. Keberlanjutan dan efisiensi energi yang ditawarkan oleh teknologi ini menjadikannya pilihan yang menarik untuk mobilitas harian. Namun, bagaimana sebenarnya motor listrik berfungsi dalam konteks sepeda motor listrik? Artikel ini akan membahas cara kerja (konsep dasar) motor listrik pada electric motorcycle.

Komponen Utama Pada Sepeda Motor Listrik 

1. Sumber Energi: Baterai
Motor listrik pada electric motorcycle dioperasikan oleh energi yang disimpan dalam baterai. Baterai ini biasanya terletak di dalam rangka kendaraan. Baterai ini dapat berbentuk berbagai jenis, termasuk lithium-ion yang umum digunakan dan lebih ringan serta memiliki kapasitas daya yang tinggi.

Cara mengecas motor listrik yang benar
Baterai motor listrik United E-Motor mudah dipasang dan dilepas (portable)

 

2. Pengisian Baterai: Charger

Sebelum motor listrik dapat beroperasi, baterai harus diisi terlebih dahulu. Ini dilakukan dengan menggunakan charger yang terhubung ke sumber listrik, seperti stop kontak rumah atau stasiun pengisian listrik umum. Charger akan mengisi ulang baterai dengan mengalirkan listrik ke dalam sel baterai, mengubahnya menjadi energi kimia yang tersimpan.

3. Kontrol Elektronik: Inverter dan Pengendali

Motor listrik dikendalikan oleh sistem kontrol elektronik yang rumit. Komponen penting dalam sistem ini adalah inverter. Inverter berfungsi mengubah arus searah (DC) yang dikeluarkan oleh baterai menjadi arus bolak-balik (AC) yang digunakan oleh motor listrik. Pengendali elektronik yang canggih mengatur daya yang diberikan ke motor untuk mengendalikan kecepatan dan akselerasi.

Konsep/ Cara Kerja Motor Listrik (Kendaraan/ Sepeda Motor)

 

4. Motor Listrik: Power to the Wheels

Motor listrik yang digunakan dalam electric motorcycle adalah motor listrik brushless yang efisien. Motor ini tidak memiliki bagian-bagian yang bersentuhan secara fisik seperti sikat pada motor listrik konvensional. Sebaliknya, motor ini mengandalkan medan magnet yang bergerak dalam dan luar medan gulungan kawat untuk menghasilkan gerakan.

5. Transmisi: Kecil atau Tidak Ada

Seringkali, electric motorcycle tidak menggunakan transmisi seperti motor bensin. Motor listrik memiliki rentang torsi yang luas, sehingga mereka mampu memberikan akselerasi yang kuat tanpa perlu berganti gigi seperti pada motor konvensional.

6. Kinerja yang Cerdas: Sistem Pengendali dan Sensor

Motor listrik modern seringkali dilengkapi dengan sistem pengendali yang cerdas. Ini dapat memonitor berbagai parameter seperti kecepatan, suhu, dan tingkat daya baterai untuk mengoptimalkan kinerja dan efisiensi.

Dilengkapi teknologi IoT (Internet of Things), aplikasi berkomunikasi dengan berbagai sensor

Dengan pemahaman tentang cara kerja motor listrik pada electric motorcycle, dapat lebih dihargai bagaimana teknologi ini telah mengubah lanskap transportasi modern. Keberlanjutan, efisiensi, dan kinerja yang canggih adalah beberapa keunggulan utama yang membuat motor listrik semakin populer di jalan-jalan kita.

Prinsip Kerja Komponen Motor Listrik Sederhana

Pada motor listrik, komponen ini dapat mengubah tenaga listrik menjadi tenaga mekanik. Perubahan ini dilakukan dengan mengubah tenaga listrik menjadi magnet yang disebut sebagai elektro magnet. Kutub-kutub dari magnet yang senama akan tolak-menolak dan kutub-kutub tidak senama, tarik-menarik. Maka kita dapat memperoleh gerakan jika kita menempatkan sebuah magnet pada sebuah poros yang dapat berputar, dan magnet yang lain pada suatu kedudukan yang tetap.

Service Motor listrik
Sistem hub-drive (motor listrik) pada kendaraan United E-motor

Pada prinsipnya cara kerja Motor Listrik DC menggunakan prinsip elektromagnet untuk bergerak, ketika arus listrik diberikan ke kumparan maka permukaan kumparan yang bersifat utara akan bergerak menghadap ke magnet yang berkutub selatan dan kumparan yang bersifat selatan akan bergerak menghadap ke utara magnet. Saat ini, karena kutub utara kumparan bertemu dengan kutub selatan magnet ataupun kutub selatan kumparan bertemu dengan kutub utara magnet maka akan terjadi saling tarik menarik yang menyebabkan pergerakan kumparan berhenti.

 

Perkembangan Teknologi Baterai

Ada beberapa jenis baterai yang telah digunakan dalam motor listrik sepanjang sejarah. Kedepan teknologi bateri akan terus berkembang, namun saat ini ada tiga jenis baterai yang paling umum adalah baterai timbal-asam, baterai nikel-kadmium, dan baterai lithium-ion.

  • Baterai Timbal-Asam — telah digunakan dalam motor listrik konvensional dan merupakan teknologi yang mapan. Namun, baterai ini memiliki kelemahan dalam hal berat, siklus hidup yang terbatas, dan keterbatasan kapasitas energi.
  • Baterai Nikel-Kadmium — menawarkan kepadatan energi yang lebih tinggi dibandingkan baterai timbal-asam, namun mereka juga memiliki masalah siklus hidup dan efek memori yang mempengaruhi kinerja baterai secara keseluruhan.
  • Baterai Lithium-ion (Li-ion) — telah menjadi pilihan utama dalam motor listrik modern. Baterai ini menawarkan kepadatan energi yang tinggi, berat yang ringan, siklus hidup yang panjang, dan kemampuan pengisian yang cepat. Baterai Li-ion juga lebih ramah lingkungan dan memiliki tingkat kehilangan energi yang lebih rendah saat tidak digunakan. United E-Motor menggunakan tipe baterai ini dalam produk T-Series seperti T-1800TX-1800 dan TX-3000

 

Pabrik Motor Listrik Terbesar di Indonesia

Di Indonesia, terdapat banyak sekali brand dan produsen otomotif. Setiap brand memiliki produk yang dijual di kelas harga tertentu. Mulai dari kelas harga termurah untuk entry level hingga yang termahal untuk high-end. Salah satu pabrik sepeda motor listrik yang menyuguhkan berbagai tipe kendaraan listrik yakni PT Terang Dunia Internusa. Memulai usaha sejak 1991, menjadikan perusahaan otomotif ini sangat berpengalaman soal kendaraan listrik.

Pada tahun 2015, PT Terang Dunia Internusa telah mengembangkan produk sepeda listrik atau Electric Moped. Saat itu produk yang satu ini cukup diminati pasar, karena bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat.

pabrik motor listrik united e-motor
Pabrik ke-3 PT Terang Dunia Internusa, khusus produksi motor listrik

Kemudian di tahun 2020, lahirlah merek motor listrik United E-Motor dengan tipe T-1800. Kendaraan yang satu ini memiliki desain body gembrot yang cukup populer saat itu. Layaknya skuter matic gede, motor listrik ini juga memungkinkan pengguna untuk selonjoran. Karena lower deck di motor ini terbilang luas, sehingga sangat nyaman untuk bepergian jauh.

Setiap tahunnya, PT Terang Dunia Internusa juga telah mengekspor kendaraan listrik. Jadi jangkauan pasar bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga di luar negeri.

Hingga saat ini, ada tiga merek yang siap bertempur di pasaran Indonesia, yakni merk United E-Motor, United Bike dan Genio. Perusahaan tentunya akan terus berinovasi agar bisa mengembang kendaraan listrik yang lebih baik. Sehingga bisa menjawab kebutuhan masyarakat akan motor listrik murah bertenaga tinggi.