Survei Konsumen Kendaraan Listrik: United Motor Paling Diminati

survei motor listrik

Kendaraan listrik kian menjadi opsi bermobilitas pada beberapa tahun mendatang. Terungkap dalam survei Populix di mana lebih dari setengah responden mempertimbangkan membeli kendaraan listrik 5 tahun ke depan. Timothy Astandu, Chief Executive Officer Populix mengatakan bahwa saat ini jumlah masyarakat yang memiliki kendaraan listrik sangat kecil. Namun, survei Populix menunjukkan bahwa tren penggunaan kendaraan listrik bakal meningkat ke depan.

“Lebih dari setengah responden tengah mempertimbangkan untuk membeli kendaraan listrik, bahkan sepertiga responden sudah berencana untuk membeli kendaraan listrik dalam 5 tahun ke depan,” katanya dalam keterangan resmi.

Dalam laporan surveinya berjudul “Indonesian Modern Consumption” Populix mencoba menangkap perilaku konsumen modern khususnya untuk penggunaan kendaraan listrik. Survei ini dilakukan terhadap 1.002 responden yang terdiri dari 523 responden laki-laki dan 479 responden perempuan berusia 18-55 tahun pada tanggal 3-9 Januari 2022 di Indonesia. Survei tersebut menunjukkan bahwa saat ini, hanya 13 persen responden yang memiliki motor listrik. Untuk sepeda motor listrik, brand atau merek yang dimiliki saat ini adalah United Motor (34 persen), Viar (30 persen), dan Gesits (20 persen).

sumber: otomotif.bisnis.com
Pameran United motor diserbu pengunjung

Dalam survei yang diprakarsai oleh Populix menunjukkan bahwa United E-Motor menjadi merek motor listrik di Indonesia yang paling diminati. Adapun saat survei motor listrik tersebut dijalankan, tipe motor listrik yang tersedia dari United E-Motor adalah tipe T-1800. Saat itu tipe TX-1800, TX-3000 dan MX-1200 belum resmi dirilis.

Populix adalah perusahaan penyedia layanan consumer insights yang menghubungkan bisnis dengan kumpulan responden berkualitas dan tepat sasaran di seluruh Indonesia. Populix telah menjalankan lebih dari 355 riset pasar untuk mendukung lebih dari 145 bisnis dari berbagai sektor dan ukuran. Populix mengubah data menjadi insights strategis dan rekomendasi aksi yang dapat ditindaklanjuti.

::

Berdasarkan riset Populix bertajuk Indonesian Modern Consumption bagian Electric Vehicles disebutkan mayoritas orang di Indonesia memiliki mobil listrik lantaran ramah lingkungan dan perawatan mudah. Tesla menduduki urutan pertama untuk mobil listrik yang dimiliki oleh orang Indonesia yaitu 21 persen. Kemudian diikuti oleh Hyundai, yang menduduki posisi kedua dengan total 18 persen. Lalu BMW menduduki posisi ketiga dengan total 17 persen. Toyota 14 persen, Lexus 10 persen, Nissan 8 persen dan Porsche 8 persen. Untuk sepeda motor, paling banyak (merek motor listrik yang paling diminati) adalah United Motor dengan skor 34 persen disusul Viar, Gesits, Selis, Ecgo, BF Goodrich dan Niu.