Layanan Garansi Komponen Sepeda Motor Listrik Itu Penting, Kenapa?

Komponen motor listrik adalah bagian-bagian dari kendaraan listrik yang bekerja sama untuk menghasilkan tenaga dan menggerakkan kendaraan. Komponen-komponen ini terdiri dari inverter, baterai, kontrol elektronik, dan berbagai sistem pendukung lainnya. Bisa dibilang bahwa komponen motor listrik adalah inti dari teknologi kendaraan listrik. Dari adanya kesatuan beberapa komponen itulah, motor listrik bisa menjadi alat transportasi yang menghadirkan berbagai keunggulan, seperti efisiensi energi dan emisi karbon yang lebih rendah.
Kenapa Garansi Komponen Motor Listrik Itu Penting?
Lantaran fungsinya yang amat penting, berbagai komponen pada kendaraan biasanya dilindungi oleh garansi. Termasuk pada komponen motor listrik. Apa sih garansi itu?
Garansi untuk kendaraan bermotor adalah sebuah jaminan atau perlindungan yang diberikan oleh produsen atau dealer. Lebih tepatnya perlindungan terhadap kerusakan atau masalah yang mungkin timbul pada kendaraan tersebut dalam jangka waktu tertentu setelah pembelian.
Sebagai bentuk layanan after sales dari dealer, garansi tidak hanya berlaku untuk komponen, melainkan untuk keseluruhan sistem pada kendaraan, seperti rangka body, mesin, transmisi, suspensi, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk memberikan kepercayaan kepada pemilik kendaraan bahwa mereka dapat mengandalkan kualitas dan kinerja kendaraan yang mereka beli.
Lantas, kenapa komponen motor listrik perlu memiliki garansi? Inilah beberapa alasannya.
- Adanya Teknologi yang Saling Terkait — Motor listrik memiliki banyak komponen, seperti baterai, inverter, dan kontrol elektronik. Komponen-komponen ini bekerja bersama dalam sistem yang saling terkait dan rumit. Dengan adanya garansi, kamu dan pemilik motor listrik lainnya mendapatkan perlindungan jika salah satu dari komponen ini mengalami kerusakan.
- Biaya Perbaikan yang Tinggi — Perbaikan pada komponen motor listrik seringkali sangatlah mahal. Baterai, misalnya, adalah salah satu komponen paling mahal dalam kendaraan listrik. Tanpa garansi, kamu sebagai pemilik kendaraan mungkin harus mengeluarkan biaya yang besar jika baterai mengalami masalah. Garansi dapat mengurangi beban finansial ini.
- Mendukung Penggunaan yang Aman — Komponen pada motor listrik yang rusak atau cacat dapat menyebabkan masalah keamanan yang serius. Garansi memastikan bahwa komponen-komponen tersebut diperiksa dan diperbaiki jika diperlukan, sehingga meningkatkan keselamatan penggunaan kendaraan.
- Prolonged Life Cycle — Garansi yang baik dapat membantu memperpanjang umur pemakaian motor listrik. Kenapa begitu? Karena pemilik kendaraan akan merasa lebih percaya diri bahwa komponen-komponen utama akan diganti jika ada masalah. Artinya pemilik kendaraan dapat mengendarai kendaraannya dalam jangka waktu yang lebih lama.
- Kepercayaan Konsumen — Garansi yang kuat dan terpercaya juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produsen kendaraan listrik. Ini tentunya dapat memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli kendaraan listrik dan membantu memperkuat brand image.
Dengan garansi komponen motor listrik yang baik, kamu sebagai pemilik kendaraan dapat merasa lebih aman, nyaman, dan percaya diri dalam menggunakan teknologi ini. Tentunya untuk melindungi diri dari potensi mengeluarkan biaya perbaikan yang tinggi dan masalah teknis lainnya yang mungkin muncul.
Baca Juga: Keunggulan Motor Listrik yang Paling Dibutuhkan Konsumen
Bagaimana Cara Mendapatkan Layanan Garansi Komponen Motor Listrik?
Umumnya, saat kamu membeli motor listrik, garansi dan layanan after sales akan secara otomatis kamu dapatkan. Namun periode dan jenis garansi yang didapatkan memang bisa sangat bervariasi. Tergantung pada kebijakan produsen kendaraan dan ketentuan garansi yang berlaku.
Secara umum, langkah-langkah untuk membantu kamu mendapatkan layanan dari klaim garansi komponen motor listrik adalah:
1. Baca Ketentuan Garansi
Pertama-tama, sangat penting untuk membaca dengan seksama ketentuan garansi yang disediakan oleh produsen kendaraan atau dealer. Ketentuan ini akan menjelaskan secara rinci apa yang akan kamu dapatkan dari garansi, termasuk berapa lama garansi berlaku hingga kondisi-kondisi tertentu sebagai syarat yang harus dipenuhi.
2. Simpan Dokumen Pembelian
Pastikan kamu menyimpan dengan baik semua dokumen pembelian yang diperlukan, seperti faktur penjualan dan bukti kepemilikan kendaraan. Dokumen ini mungkin diperlukan saat kamu mengajukan klaim garansi.
3. Hubungi Dealer atau Produsen
Kalau suatu saat kamu mengalami masalah dengan komponen pada motor listrik yang di-cover oleh garansi, segera hubungi dealer tempat membeli kendaraan atau produsen secara langsung. Mereka akan memberikan petunjuk lebih lanjut tentang bagaimana kamu harus melanjutkan klaim tersebut.
4. Lakukan Pemeriksaan oleh Teknisi Terampil
Biasanya pihak produsen atau dealer akan mengharuskan motor listrik milikmu diperiksa oleh teknisi terampil atau oleh bengkel resmi yang telah ditunjuk. Jadi, pastikan kamu menjalani proses pemeriksaan kendaraan ini sesuai dengan prosedur yang ditentukan.
5. Ajukan Klaim Garansi
Setelah masalah diidentifikasi, ajukan klaim garansi sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh produsen atau dealer. Kamu mungkin perlu mengisi formulir klaim, menyediakan bukti pembelian, dan menjelaskan masalah yang kamu alami.
6. Tunggu Persetujuan
Setelah mengajukan klaim, kamu mungkin perlu menunggu persetujuan dari pihak terkait. Mereka akan menentukan apakah masalah yang kamu laporkan sudah memenuhi syarat untuk menerima perbaikan atau penggantian sesuai dengan garansi.
7. Proses Perbaikan atau Penggantian
Kalau klaim disetujui, produsen atau dealer akan melakukan perbaikan atau penggantian komponen motor listrik yang rusak sesuai dengan ketentuan garansi.
8. Cek Biaya Tambahan
Beberapa garansi mungkin meng-cover biaya perbaikan atau penggantian sepenuhnya. Namun, ada juga yang mungkin memerlukan biaya tambahan dari pemilik kendaraan. Pastikan kamu sudah benar-benar memahami ketentuan biaya yang berlaku.
Setelah perbaikan atau penggantian selesai, sebaiknya kamu memeriksa kembali kendaraan tersebut. Tujuannya untuk memastikan bahwa masalah telah diperbaiki dengan baik. Selama proses klaim garansi, sebaiknya simpan semua catatan bentuk komunikasi dan transaksi yang terjadi. Termasuk email, surat, atau catatan telepon yang berhubungan dengan klaim garansi motor listrikmu.
Baca Juga: Pabrik Motor Listrik United E-Motor di Indonesia

Layanan After Sales dan Garansi dari United E-Motor
Sebagai salah satu produsen motor listrik dengan puluhan dealer resmi di seluruh wilayah Indonesia, United E-Motor juga memberikan layanan after sales kepada seluruh konsumennya.
Layanan after sales dan garansi ini diberikan bukan hanya untuk satu seri motor listrik, melainkan semuanya. Mulai dari seri MX-1200 sampai dengan seri TX-3000.
Untuk seri MX-1200, garansi yang diberikan adalah:
1. Garansi Umum: 3 bulan
2. Garansi Kelistrikan:
-
- Battery: 2 tahun atau 20.000 Km
- Charger: 1 tahun
- Controller: 1 tahun
- Dinamo (Motor): 1 tahun
3. Garansi Khusus:
Rangka atau frame body motor: 5 tahun

Sedangkan, untuk seri T dari United E-Motor, perlindungan garansi yang diberikan adalah:
1. Garansi Umum: 3 bulan
2. Garansi Kelistrikan:
-
- Battery T-series: 3 tahun atau 30.000 km
- Charger: 1 tahun
- Controller dan BCU: 1 tahun
- Dinamo (Motor): 1 tahun
3. Garansi Khusus:
Rangka atau frame body motor: 5 tahun
Catatan: Skema, syarat dan ketentuan garansi bisa berubah, silahkan cek ke customer service atau sales representative United E-Motor untuk informasi lebih lengkap.
Dengan adanya jaminan garansi untuk semua seri motor listrik dari United E-Motor, kamu tidak perlu ragu lagi bila ingin memiliki salah satu serinya. Jika terjadi kerusakan atau masalah pada komponen motor listrik dan bagian lainnya selama masa garansi, kamu bisa segera mengajukan klaim dan mendapatkan perbaikan atau penggantian komponen dari United E-Motor.
Untuk informasi lebih rinci tentang garansi, silahkan cek di halaman FAQ tentang topik garansi. Yuk, berkendara aman dan nyaman bersama United E-Motor!